Selasa, 22 September 2009

Bunuh Diri Karena Facebook

Gara-gara sering dihina di Facebook, seorang gadis ceria berumur 15 tahun bunuh diri. Holly Grogan dari Inggris mengalami tekanan jiwa setelah mendapatkan pesan penghinaan yang dikirim di Facebook. Dan akhirnya bunuh diri.

Diduga karena tidak kuat dengan hinaan dari teman-temannya di Facebook, Holly Grogan pindah sekolah, demikian dikatakan Steve dan Anita orang tua Holly. Namun di sekolah yang baru tersebut pesan-pesan hinaan tidak berhenti, sampai akhirnya dia bunuh diri dengan melompat dari jembatan berketinggian 30 feet, seperti di rilis NYdailynews.

Steve dan Anita menyalahkan situs jejaring Facebook dalam hal kematian anaknya. Mereka juga memperingatkan akan bahaya pelecehan cyber. Karena pelecehan yang bertubi-tubi di dunia internet khususnya Facebook bisa membuat seseorang sangat tertekan jiwanya, sampai bisa bunuh diri.

Facebook sendiri di dalam ketentuan pengguna memang telah memberikan batasan umur untuk penggunanya. Yaitu minimal berumur 18 tahun. Jika pengguna belum memenuhi umur tersebut, diharapkan minta bimbingan dan ijin orang tua untuk menggunakan Facebook. ( Facebook safety)

  • Kami meminta agar semua pengguna melaporkan orang yang mencurigakan atau konten yang tidak pantas yang mereka temui di Facebook. Kami juga sangat menyarankan pengguna di bawah 18 tahun untuk bicara dengan orangtua atau wali mereka sesegera mungkin jika seseorang secara online mengatakan atau melakukan sesuatu yang membuat mereka merasa tidak nyaman atau terancam.
  • Mohon diingat bahwa meski pun menggunakan nama palsu merupakan pelanggaran Ketentuan Penggunaan Facebook. orang seringkali tidak seperti yang mereka katakan. Anda dimohon berhati-hati jika mengirimkan permintaan pertemanan kepada, atau menerima permintaan pertemanan dari orang yang Anda tidak kenal di dunia nyata. Selalu berisiko berkenalan dengan seseorang yang tidak Anda kenal melalui teman Anda di dunia nyata.

Diharapkan juga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan diatas, selalu ikuti tips keamanan ini ketika menggunakan Facebook:

  • Jangan pernah memberitahukan kata sandi Anda ke orang lain
  • Sesuaikan pengaturan privasi Anda menurut tingkat kenyamanan Anda, dan kajilah secara rutin
  • Berhati-hatilah dalam mengirim dan mengungkapkan informasi pribadi, terutama informasi yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi Anda atau menemukan lokasi Anda secara offline, seperti alamat atau nomor telepon.
  • Laporkan pengguna dan konten yang melanggar Ketentuan Penggunaan kami
  • Blokir dan laporkan siapa pun yang mengirimi Anda komunikasi yang tidak pantas atau tidak diinginkan
...Back

1 komentar:

  1. Salam kenal juga mas.......
    Hidup cah Pati!!!!!!!!!!!
    hehehehe...

    BalasHapus